Hosting Unlimited Indonesia
Ragam

ILO Sebut PRT Termasuk Pekerjaan Terburuk Saat Ini

JURNALITE.com, Makassar — ILO memberikan perhatian khusus bagi Pekerja Rumah Tangga (PRT) dan Pekerja Rumah Tangga Anak (PRTA) karena banyaknya kasus kekerasan dan pelanggaran HAM bagi mereka.

Apalagi PRT dan PRTA termasuk salah satu pekerjaan terburuk dan rawan kekerasan. Koordinator ILO willayah Sulawesi Muh Rasyidin mengungkapkan bahwa masalah PRT/PRTA hingga saat ini belum mendapat perhatian serius dari pemerintah.

“Hingga saat ini belum ada kebijakan yang berpihak dan memberikan perlindungan khusus bagi PRT/PRTA padahal mereka memenuhi syarat sebagai pekerja atau buruh layaknya pekerja pada umumnnya,” ujarnya di workshop dengan tema “Membangun mekanisme rujukan informal antara lembaga penyedia layanan penanganan kasus pekerja rumah tangga dan pekerja rumah tangga anak” di Continenet Hotel Selasa (21/3/2017).

Selain itu para PRT/PRTA juga menurut Rasyidin tidak memiliki tingkat kesejahteraan yang cukup memadai. Dimana upah yang mereka terima jauh lebih rendah dari pekerja lainnya, bahkan mereka memiliki jam kerja yang tidak teratur dan melebihi jam kerja pada pekerja pada umumnya.

Karenanya dia melihat perlu kerja bersama antara stake holder untuk memberikan perlindungan bagi PRT/PRTA terutama jika ada PRT/PRTA yang mengalami kekerasan.

“Mekanisme rujukan itu penting, terutama dalam alur informasi dan penganannya,” ujarnya.

Alasannya karena PRT/PRTA sering tidak mendapat perhatian serius dan terabaikan. Karenanya menurut Makmur dari PTP2A kota Makassar perlu komitmen bersama terutama instansi terkait dalam menangani masalah PRT/PRTA.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...
To Top