Hosting Unlimited Indonesia
Edukasi Budaya

Rektor UMI Hadiri Festival HAM di Bojonegoro

JURNALITE.com — Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Prof Masrurah Mokhtar MA menghadiri Festival Hak Azasi Manusia (HAM) 2016 yang berlangsung di Bojonegoro yang dibuka watimpres di Pendopo Malowo Pati (30/11/2016).

Rektor UMI disela acara mengatakan bahwa setiap warga negara indonesia memiliki komitmen dan tanggung jawab untuk terus menghormati dan melindungi has asasi manusia.

“Dalam agama juga menjelaskan hal tersebut dan karena itu semua elemen bangsa bertanggung jawab untuk terus mengawal dan mengarusutamakan HAM dalam setiap aspek kehidupan. HAM tidak hanya ranah politik tapi semua ranah dalam kehidupan manusia,” Ujar Rektor.

Presiden RIJokowi yang diwakili anggota dewan pertimbagam presiden Sidarto Danusburoto mengatakan pemerintah memilii komitmen yang kuat dalam penghormatan dan perlindungan HAM kepada seluruh warga negara.

“Hal ini tertuang dalam nawacita yang pada butir pertama menyebutkan menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh negara dan poin lima menjelaskan tentang peningkatan kualitas hidup manusia dan masyarakat indonesia,” tuturnya.

Hal ini kata dia, ditegaskan presiden jokowi kembali pada pidato peringatan HAM sedunia tanggal 11 desember 2016 diistana negara.

Mantan anggota MPR RI ini juga menjelaskan bahwa pemerintah daerah dan semua elemen memiliki peran yang sangat penting untuk mewujudkan perlindungan dan pemajuan HAM.

Sementara itu Bupati Bojonegoro, Suyoto mengatakan upaya yang dilakukan sebagai implementasi HAM dengan open goverment partnership dengan prinsip, transparabnsi, akuntabilitas.

Partnership, inovativ yang ditempuh dengan cara direct dalam bentuk dialog langsung ke pemerintah dan setiap jumat saya buka dialog manajemen review dan juga peran IT,”ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...
To Top