Hosting Unlimited Indonesia
Ragam

AgFor Sulawesi Cetak Petani Hebat

JURNALITE.com — Agroforestry and Forestry in Sulawesi (AgFor), merupakan proyek lima tahun dengan dukungan Global Affairs Canada telah mencetak ribuan petani berkualitas di tiga Provinsi yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo.

Pimpinan Senior Proyek AgFor Sulawesi Dr James M Roshetko menyatakan sampai sekarang ini lebih dari 630.000 orang (52% diantaranya adalah perempuan) telah mengalami peningkatan pendapatan berkat penerapan teknologi pertanian hasil bimbingan AgFor.

“Dan kurang lebih 950.000 petani (setengahnya adalah perempuan) telah mendapatkan akses yang lebih mudah untuk pembibitan berkualitas, peningkatan hasil produksi, pengendalian hama dan penyakit, sehingga pendapatannya meningkat dan lebih berkelanjutan,” ujarnya, Jumat (25/11/2016).

Selain itu kata James, AgFor juga telah mendampingi sebanyak 25.000 orang dalam mengelola lahan secara berkeberlanjutan dan meningkatkan pendapatan mereka melalui pembuatan 500 kebun contoh agroforestri dan 280 pembibitan yang kemudian telah menghasilkan lebih dari 1,5 juta bibit unggul.

“Berkat dukungan dari Pemerintah Kanada dan mitra kami, angka capaian proyek benar-benar melampaui target yang ditetapkan. Proyek ini harus menjadi contoh pada tingkat nasional, bahkan internasional, bahwa kerjasama yang efektif antara masyarakat, LSM, peneliti dan pemerintah pada berbagai tingkatan akan menghasilkan capaian yang luar biasa,” Pungkasnya.

Seperti diketahui rangkaian kegiatan penutupan dan serah-terima proyek di Provinsi Sulawesi Selatan akan berlangsung tanggal 28-29 November 2016 di Bantaeng, dengan dihadiri oleh perwakilan dari berbagai instansi pemerintah terkait seperti Bupati Bantaeng, Bulukumba, Jeneponto, dan Gowa; perwakilan Bappeda, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan, BP4K; para kepala desa dimana AgFor bekerja; CIFOR, OWT, LSM Balang, LSM Komunitas Teras, Universitas Hasanuddin, BaKTI; mitra pembangunan lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...
To Top