Hosting Unlimited Indonesia
Edukasi Budaya

80% Mata Air Kita Rusak Bunda Ully Mari Selamatkan Mata Air Kita

JURNALITE.com — Kerusakan mata air di Indonesia sudah semakin hebat. Dahulu para pendaki gunung dan pencinta alam sangat mudah menemukan mata air ketika melakukan perjalanan ke gunung atau hutan lindung.

Pimpinan Yayasan Garuda Nusantara Ully Hary Rusady menegaskan bahaya krisis air akibat alih fungsi lahan tidak hanya berbahaya bagi manusia, melainkan juga dapat menyebabkan bencana ekologi yang lebih besar, bencana ini tidak terlihat namun sangat terasa yaitu punahnya beribu mata air.

“Saat ini sekitar 80 persen mata air di Indonesia sudah rusak bahkan mata air di pegunungan sudah banyak yang hilang,” ujarnya di Makassar diacara Pelepasan Temu Wicara Kenal Medan (TWKM) di UMI.

Ia menuturkan kondisi alam dan lingkungan telah mengalami banyak kerusakan karena bencana banjir, lonsor, kebakaran hutan dan sebagainya. Menjadi sangat penting untuk mengkampanyekan ke publik dengan gerakan aksi penyelamatan mata air Indonesia yang terancam kepunahan.

Untuk itu kata Bunda Ully melalu TWKM ini akan mengajak seluruh Mahasiswa pecinta alam berpartisipasi dalam gerakan ekspedisi penyelamatan mata air yang dipusatkan di Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan.

“Saya pikir dengan mengajak para pecinta alam ini merekalah yang dapat menjangkau titik mata air yang ada di hulu, karena di hulu ini paling banyak mata air yang rusak,” ujar Bunda Ully yang juga sebagai aktivis lingkungan hidup dan kemanusiaan.

Keprihatinan dengan punahnya sebagian besar mata air di tanah air, membuat Bunda Ully telah berupaya mengedukasi masyarakat lewat film nya yang berjudul “My Journey Mencari Mata Air” pada 22/4/2016 yang diproduseri oleh Bunda Ully sendri.

“Alhamdulillah film saya yang berjudul: ‘My Journey Mencari Mata Air’ mendapatkan penghargaan dari Luar Negeri sebanyak 16 buah,” ucap Ully Sigar yang juga kakak dari Paramitha Rusady.

Berikut 16 penghargaan film My Journey Mencari Mata Air:

  • Dari Hollywood 3 winner: Music Score, Cinematography dan foreign feature.
  • Dari Cordoba (Colombia) 1 Official Selection
  • Dari Santa Fe, 1 Official Selection
  • Dari Los Angeles 5: Trailer/Teaser, Feature Film, Music Score, Still Photography, official Poster
  • Dari Chandler International Film festival 3: feature film, Cinematography, Music Score.
  • Dari TMC London Film Festival 2: Feature Film dan Music Score
  • Dari TMFF (UK) 1: Official Selection Trailer

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...
To Top