Hosting Unlimited Indonesia
Ragam

Tips Bugar dan Kuat Selama Menjalani Puasa

Jurnalite.com — Agar tubuh kita tetap sehat dan segar sepanjang hari selama berpuasa maka perlu pengaturan makan dan minum pada saat sahur. Sebab saat berpuasa bahan makanan penghasil energi utama seperti karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan protein yang masuk ke tubuh kita relatif tidak sebanyak hari-hari biasa.

Berikut ini beberapa tips khusus saat sahur agar tubuh kita tetap sehat dan segar selama bulan puasa:

Konsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur. Walau menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Perbanyak mengkonsumsi jenis makanan berserat seperi sayur dan buah karena tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.

Perbanyak minum air putih pada malam hari. Hal ini penting dilakukan, karena pada siang hari aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat.

Bagi penderita sakit lambung makanan yang sebaiknya dihindari adalah ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...
To Top