Hosting Unlimited Indonesia
Ragam

Ternyata Banyak Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan, Berikut Hasil Kajian Dari Segi Ilmiah

ilustrasi berpuasa

Jurnalite.com — Bagi yang beragama muslim tentu berpuasa adalah kewajiban. Dalam Berpuasa bukan hanya soal ibadah. Di balik proses menahan lapar dan haus itu ada manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. berdarakan hasil penelitian Puasa dapat bersifat sebagai pembersih atau detoksifikasi.

Selain itu Dari hasil kajian ilmiah yang telah banyak dilakukan, menyebutkan  berbagai manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Berikut diantaranya manfaat puasa bagi kesehatan tubuh:

Puasa Berefek Baik Bagi Kesehatan Jantung
Penyakit jantung merupakan salahsatu penyakit yang berbahaya dan menjadi ancaman bagi setiap orang yang kurang memperhatikan kesehatan tubuhnya. Maka dari itu, penyakit jantung harus dicegah. Salahsatunya dengan berpuasa. Melakukan puasa memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung, karena menurut penelitian chronobiological dengan berpuasa HDL  atau kolesterol baik dalam tubuh dapat meningkat dan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh dapat menurun. Sehingga akan menyehatkan pembuluh darah dalam tubuh, mencegah penyakit jantung, serangan jantung dan stroke.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Puasa juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga tubuh tidak mudah sakit. Hal ini disebabkan karena terjadinya peningkatan Limfosit hingga mencapai 10 kali lipat dalam tubuh seseorang, dan ini akan memberikan dampak yang signifikan terhadap sistem imun dalam tubuh seseorang.

Menenangkan Pikiran
Ketika berpuasa selain menahan diri dari lapar dan dahaga, juga mewajibkan setiap yang melakukannya untuk bisa mengendalikan emosi negatif atau amarah. Dengan begitu puasa memiliki manfaat untuk psikologis seseorang sehingga pikiran bisa menjadi lebih tenang dan terhindar dari stres yang dapat memicu berbagai penyakit.

Menyehatkan Ginjal
Ginjal merupakan organ sangat penting bagi tubuh manusia. Fungsinya sebagai penyaring berbagai zat berbahaya yang masuk kedalam tubuh membuat ginjal harus tetap dijaga kesehatannya. Dan ternyata puasa memiliki dampak yang baik bagi kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan pada saat berpuasa konsumsi air akan meningkatkan konsentrasi urin pada organ ginjal dan akan meningkatkan kekuatan osmosis pada urin dengan kisaran 1000-12000ml osmosis/kg air. Sehingga pada kondisi tertentu hal ini akan memberikan perlindungan pada fungsi kesehatan organ ginjal.

Mengontrol Berat Badan
Puasa juga akan menjadikan berat badan seseorang menjadi lebih mudah untuk diturunkan. Sehingga dengan berpuasa diet extrem bisa dihindari, yang diperlukan yaitu konsumsi makanan bergizi secukupnya selama sahur dan berbuka puasa.

Meningkatkan Ketajaman Berfikir dan Perasaan Nyaman
Setelah tubuh terbiasa berpuasa maka horom endorfin yang ada pada tubuh mengalami peningkatan. Dimana hormon ini akan memberikan efek baik bagi ketajaman dalam berfikir seseorang dan perasaan nyaman.

Mencegah Diabetes
Puasa juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit seperti penyakit diabetes, obesitas, hiperkoleskterol dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh kelebihan nutrisi yang disebabkan karena kadar gula berlebih dan juga kolesterol. Hal ini disebabkan karena selama berpuasa lemak dan gula menjadi lebih terkontrol bahkan dikurangi sehingga kesehatan tubuh akan membaik seiring dengan kembali seimbangnya kadar gula dan kolesterol tersebut.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...
To Top